Minggu, 01 Maret 2009

Pemerintah Bersih

Indonesia dibangun dengan tetesan darah, air mata dan keringat para pejuang dan pahlawan. Dasarnya Pancasila dan UUD 1945.
Kemerdekaan itu diraih dengan satu cita-cita yakni masyarakat adil-makmur dan sejahtera.
Daerah Sulawesi Selatan khususnya Tana Toraja dan Toraja Utara misalnya. Dari tahun ke tahun pembangunan terus digalakkan. Namun itu tidak cukup. Di sana-sini masih tampak kelemahan. Masyarakat menuntut perubahan yang siknifikan untuk pembaruan. Mulai dari peningkatan pertumbuhan ekonomi, pemberdayaan masyarakat, pengembangan SDM dan pembangunan pisik.
Karena itu, tata-kelola pemerintahan yang baik dan bersih (good government and clean governance) menjadi keharusan. Maka, yang harus dilakukan mereformasi birokrasi, memberantas korupsi, menegakkan hukum (law enforcement) dan mengoptimalkan pelayanan masyarakat.
Nilai spiritual dan adat-budaya merupakan modal dasar bangsa ini untuk hidup dengan kasih dan damai demi terjalinnya toleransi antar umat beragama. Tujuannya tak lain agar persatuan dan kesatuan bangsa tanpa mengabaikan nilai demokrasi, hidup dan mengakar. Dengan demikian, stabilitas politik dan keamanan negara khususnya Sulsel terjaga. Semoga! (tommy tiranda)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar